Partner Terpercaya dalam Solusi Pajak

Batas Rekening Diintip Pajak Jadi Rp 1 M Bakal Kurangi Kepanikan

Pemerintah dianggap hanya akan membuang-buang ongkos administrasi jikalau tetap menerapkan batasan saldo rekening yang secara otomatis dapat dilaporkan oleh lembaga keuangan kepada Diraktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak).

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 70 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Mengenai Akses Informasi Keuangan Untuk Kepentingan Perpajakan, awalnya ditetapkan batas saldo untuk rekening paling sedikit Rp 200 juta bagi rekening perbankan orang pribadi.

Jika tetap menerapkan batas saldo Rp 200 juta, pemerintah membutuhkan biaya administrasi yang cukup besar. Serta batasan saldo Rp 200 juta juga dianggap terlalu rendah.

“Rp 200 juta terlalu rendah, terlalu luas cakupan sasarannya, bahkan di administrasi perbankan dan administrasi pajak,” kata Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Keuangan juga telah melakukan revisi terkait dengan batas saldo rekening dari yang sebesar Rp 200 juta menjadi Rp 1 miliar.

Prastowo mengatakan, jika tetap menggunakan saldo batas Rp 200 juta juga potensinya kecil dalam mempengaruhi penerimaan pajak. Sehingga, secara langsung menjadi tidak fokus karena akan banyak data.

Sebab, hitungan perbankan saat ini total akun rekening yang paling sedikit Rp 200 juta ada sekitar 2,3 juta akun rekening atau 1,14% dari total rekening di perbankan Indonesia.

“Menyasar kelompok yang terlalu luas, dengan potensi minim, mostly karyawan, dan ini bikin panik karena butuh sosialisasi ekstra,” tambahnya.

Terkait dengan batas saldo yang menjadi Rp 1 miliar, maka itu menjadi syarat pelaporan secara otomatis wajib dilakukan perbankan/lembaga keuangan per akhir tahun atau 31 Desember untuk rekening yang saldonya paling sedikit Rp 1 miliar.

Pelaporannya juga hanya setahun sekali, yang dilaporkan hanya saldo akhir tahun, dan yang dilaporkan hanya rekening yang memiliki saldo yang nilainya Rp 1 miliar ke atas pada setiap tanggal 31 Desember.

“Iya melalui laporan tahunan, saldo bank saja, agregat berarti kalau di bank yang sama ada beberapa rekening akumulasi Rp 1 miliar,” tutupnya.

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3524005/batas-rekening-diintip-pajak-jadi-rp-1-m-bakal-kurangi-kepanikan

admin

View more posts from this author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *